MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

Kajian Sifat dan Penggunaan Fully Stabilized Zirconia (FSZ) Berbasis Stabiliser Yittria untuk Komponen Sel Bahan Bakar Oksida Padat (SOFC)

Peneliti : Rifki Septawendar, Brian Yuliarto, Suhanda, dan Bambang Sunendar Purwasasmita

Abstrak :

Permasalahan energi merupakan isu yang sedang hangat saat ini, karena disamping teknologi konvesional untuk produksi energi telah memberikan dampak terhadap pemanasan global akibat efek gas buangan, juga cadangan pasokan energi yang terus berkurang; sehingga diperlukan teknologi konservasi energi dengan efisiensi tinggi, pengurangan konsumsi bahan bakar fosil, dan ramah lingkungan. Teknologi SOFC merupakan salah satu teknologi konservasi energi yang sedang dikembangkan karena menawarkan banyak keuntungan seperti efisiensi yang sangat tinggi, kehandalan, fleksibilitas ukuran dan bahan bakar, serta ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi gas buangan dan menurunkan efek rumah kaca. Fully stabilized zirconia merupakan komponen sel bahan bakar yang bersifat elektrolit padat dan keras dari bahan keramik. Konduktivitas ionik yang tinggi dari bahan fully stabilized zirkonia menjadikannya sebagai komponen elektrolit dalam rangkaian sel SOFC. Berbagai metode sintesis telah dilakukan untuk membuat bahan fully stabilized zirconia dengan penambahan oksida logam stabiliser dari Y2O3 (YSZ). Penggunaan stabiliser yittria ke dalam zirkonia untuk meningkatkan konduktivitas ionik dan menurunkan energi aktivasinya. Mengingat pentingnya bahan YSZ sebagai komponen elektrolit SOFC, maka artikel ini memaparkan prinsip dasar YSZ sebagai elektrolit dalam rangkaian SOFC, termasuk metode sintesis dan sifat listriknya, serta perspektif pengembangan zirkonia dalam penggunaannya sebagai komponen SOFC terutama di Indonesia.

Kata kunci : fully stabilized zirconia, yittria, konduktivitas ionik, elektrolit, SOFC

Link Download : Form Permintaan JKGI