MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

PEMBUATAN GLASIR MENTAH ALAM NON Pb UNTUK GENTENG KERAMIK

back

Abstrak :

Glasir mentah alam non Pb telah dibuat dari campuran batuan vulkanis warna merah coklat dengan asam borat , pada perbandingan tertentu untuk mendapatkan kematangan glasir pada suhu 8000 C – 1050 0 C.

Kedua bahan dasar digiling halus dalam pot mill selama 24 jam, untuk memperoleh slip lolos ayakan 300 mesh. Pengglasiran dilakukan secara celup dan tuang , kemudian dikeringkan di udara terbuka dan dibakar sesuai tipe glasir yang dibuat. Pengujian dilakukan terhadap penampakan atau kerataan warna, kestabilan terhadap pelarutan dengan air panas dan keretakan akibat kejut suhu (perubahan suhu mendadak).

Hasil pengujian menunjukkan bahwa glasir yang dibakar matang pada suhu 8500 C, Nampak kurang stabil terhadap kelarutan dengan air panas; warna yang timbul coklat mengkilat. Untuk glasir yang dibakar matang pada suhu 9500 C dan 10500 C, Nampak memiliki kestabilan yang baik dari sifat-sifat di atas dan warna yang ditimbulkan untuk suhu 95000 C adalah coklat tua (kopi), sedangkan untuk suhu 10500 C, memberikan warna hitam mengkilat.

Glasir mentah alam Non Pb sangat cocok digunakan untuk genteng keramik maupun keramik lain dengan proses mudah dan murah serta aman bagi kesehatan manusia (pekerja).

Kata Kunci: glasir alam , non Pb, genteng keramik

Link Download : Form Permintaan ITKG