MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

Standar Layanan Litbang Keramik

1. PERSYARATAN

  1. Permohonan Jasa Penelitian Keramik Maju, Gelas dan Email; Keramik Konvensional; serta Rekayasa Bahan, melalui Petugas Layanan.
  2. Spesifikasi dan deskripsi ruang lingkup jasa penelitian keramik maju, gelas dan email; keramik konvensional; serta rekayasa material.

 

2. SISTEM , MEKANISME DAN PROSEDUR

A. Sistem & Mekanisme

SNI ISO 9001, Sistem Manajemen Mutu – Persyaratan

B. Prosedur Layanan Jasa Litbang:

SOP-LITBANG

 

3. WAKTU

6 hari kerja, tidak termasuk pelaksanaan kegiatan

(Waktu pelaksanaan kegiatan dilaksanakan sesuai kontrak)

 

4. BIAYA / TARIF

Struktur biaya layanan Jasa Litbang Bahan, Proses dan Produk Keramik Konvensional, Keramik Maju Gelas dan Email, serta rekayasa material (material nano) meliputi biaya-biaya sebagai berikut:

a. Biaya bahan dan alat

b. Biaya honorarium tim peneliti

c. Biaya penyusutan alat

d. Biaya utilitas

e. Biaya komunikasi/administrasi

f. Biaya perjalanan (jika perlu)

g. Biaya uji/karakterisasibahan/produk

 

(Sumber : Peraturan Pemerintah RI No. 47 Tahun 2011 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementrian Perindustrian dan Permenkeu No. 82/PMK.03/2012 terkait dengan klasifikasi jasa yang dikenakan PPN)

 

5. PRODUK PELAYANAN

Kegiatan Litbang:

  1. Bahan
  2. Proses
  3. Keramik Konvensional
  4. Keramik Maju Gelas dan Email
  5. Rekayasa material (material nano)

 

6. PENANGANAN PENGADUAN / SARAN

Prosedur Penanganan Keluhan Pelanggan (Prosedur Mutu BBK ISO 9001:2015 : Pro-PJT-19)

pengaduanlitbang

Balai Besar Keramik

Jl Jend. Ahmad Yani No 392 Kebonwaru Kec. Batununggal
Bandung, Jawa Barat


Telp./ Fax. 022-7206221 / (022) 7205322

Email: pengaduan@bbk.go.id

 

SMS: +62811 2262 222
Format: NAMA#INSTANSI#KOTA#ISI_PESAN

 

7. DASAR HUKUM

  1. Undang-Undang No.25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Menteri PAN RB No.15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Layanan Publik
  3. Peraturan Menteri PAN RB No.16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik
  4. Peraturan Menteri Perindustrian No.40/M-IDN/PER/6/2006 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Keramik
  5. Peraturan Menteri Perindustrian No. 86/M-IDN/PER/9/2009 Tentang Standar Nasional Industri Bidang Industri
  6. Peraturan Menteri Perindustrian RI No.875/M-IND/PER/12/2009 tentang Rencana Aksi Peningkatan Integritas Pelayanan Publik Kementerian Perindustrian
  7. Peraturan Menteri Perindustrian RI No.34/M-IND/PER/3/2010 tentang Kode Etik Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Perindustrian
  8. Peraturan Menteri Perindustrian RI No.55/M-IND/PER/3/2011 tentang Unit Pelayanan Publik Kemeterian Perindustrian

 

8. SARANA / PRASARANA / FASILITAS

  1. Ruang Petugas Layanan untuk Penerima Tamu/Pelanggan
  2. Ruang Penyimpanan Dokumen
  3. Ruang Rapat
  4. Komputer dan Printer  
  5. Informasi Pelayanan melalui Media Booklet, Web BBK, Komputer Promosi Tauch Screen, Telepon/Fax/E-mail.

 

9. KOMPETENSI PELAKSANA

a. Koordinator

- Pengalaman di bidang keramik maju/ konvensional/ rekayasa material minimal 5 (lima) tahun atau pernah menjabat sebagai peneliti utama dalam kegiatan penelitian.

- Memahami bahan baku dan teknologi proses produksi keramik maju/ konvensional/ rekayasa material.

b. Peneliti Utama

- Telah menjabat fungsional peneliti minimal peneliti tingkat pertama III/a sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.

- Pengalaman di bidang keramik konvensional/maju/rekayasa material minimal 5 (lima) tahun.

Memahami bahan baku dan teknologi proses produksi keramik konvensional/maju/rekayasa material.

c. Peneliti

- Telah menjabat fungsional peneliti atau calon peneliti dengan bukti telah mengikuti diklat fungsional peneliti.

- Pengalaman di bidang keramik konvensional/ maju/ rekayasa material minimal 3 (tiga) tahun.

Memahami bahan baku dan teknologi proses produksi keramik konvensional/ maju/ rekayasa material.

d. Pembantu Peneliti

- Telah menjabat fungsional teknisi litkayasa atau lulusan D3 jurusan bidang MIPA dan Teknik.

Pengalaman di bidang keramik konvensional/ maju/ nano material minimal 3 (tiga) tahun.

- Memahami bahan baku dan teknologi proses produksi keramik konvensional/ maju/ rekayasa material.

 

10. PENGAWASAN INTERNAL

Pelaksanaan min. 1 tahun 1 kali:

  1. Audit Internal
  2. Tinjauan Manajemen

 

11. JUMLAH PELAKSANA

  1. Koordinator             :  1 orang
  2. Peneliti Utama         :  1 orang
  3. Peneliti                   :  2 orang
  4. Pembantu Peneliti    :  3 orang

 

12. JAMINAN PELAYANAN

  • Sistem Manajemen ISO 9001 BBK terakreditasi TUV Nord, registrasi sertifikat No. 16 100 1041 “Pelayanan Publik: 8 Jasa Layanan Teknis”
  • Maklumat Pelayanan BBK
  • Kompensasi untuk pelanggan apabila pelayanan tidak sesuai dengan SPM.

 

13. JAMINAN KEAMANAN, KESELAMATAN PELAYANAN

  1. Penerimaan tamu di Ruang Pelayanan dilengkapi CCTV untuk semua layanan
  2. Penyediaan tabung pemadam kebakaran di ruang layanan dan laboratorium pengujian
  3. Petugas layanan laboratorium dilengkapi dengan safety uniform jika diperlukan
  4. Petugas keamanan 24 jam

 

14. EVALUASI KINERJA

Evaluasi HasilSurvei Kepuasan Masyarakat (Prosedur Mutu BBK ISO 9001:2015 : Pro-PJT-18)

Hasil tersebut menjadi umpan balik (feedback) bagi pelaksanaan kegiatan selanjutnya.