Berita

Studi Banding TUSI Pemanfaatan Teknologi Balai Informasi Standar Instrumen Pertanian (BISIP), Kementerian Pertanian Ke BBSPJIKMN

Balai Besar Keramik
27 Jan 2022 16:57:42

Penulis : Administrator

                                                                                                  Foto bersama Kepala BBSPJIKMN dengan Kepala BISIP beserta tim

Penulis: Humas BBSPJIKMN

Administrator: Prakom BBSPJIKMN


Balai Informasi Standar Instrumen Pertanian (BISIP) adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis dari Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian, yang telah bertransformasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sejak September 2022.

Adapun tujuan BISIP melakukan studi banding ke BBSPJIKMN (22/12/2023) adalah untuk mengetahui prosedur dan mekanisme tugas dan fungsi kegiatan optimalisasi pemanfaatan teknologi industri (opti) yang sudah berjalan di BBSPJIKMN. Kegiatan opti di BBSPJIKMN merupakan kegiatan layanan jasa teknis dalam bentuk PNBP, yang diberikan kepada industri sebagai bentuk dukungan pada pengembangan industri keramik di Indonesia.

Azhar Fitri Kepala BBSPJIKMN menjelaskan bahwa tujuan kegiatan layanan jasa ini adalah membantu industri keramik dalam penyediaan jasa optimalisasi pemanfaatan teknologi industri yang mencakup peralatan uji (kendali mutu), transfer teknologi, kemitraan layanan jasa industri, pemanfaatan limbah dan peralatan proses.

“Bagi IKM layanan opti ini dapat berbentuk keikutsertaan industri dalam program  Dana Kemitraan Peningkatan Teknologi Industri (DAPATI) dan Program Penguatan Industri Melalui Optimalisasi Teknologi (PINOTI) yang diluncurkan oleh BSKJI Kemenperin”, ungkap Kristanto Wahyudi Ketua Tim Kerja optimalisasi teknologi BBSPJIKMN.

Program Percepatan Pemanfaatan Teknologi melalui DAPATI adalah program yang dikembangkan oleh Kementerian Perindustrian melalui Pusat OPTIJI-BSKJI.  Pendanaan DAPATI diberikan dengan skema kemitraan yang diperlukan untuk jasa konsultasi teknologi. Adapun pelaksanaannya dilakukan oleh Balai Besar Standardisasi dan Balai Standardisasi sebagai unit pelayanan teknis dibawah BSKJI berperan sebagai penyedia jasa guna membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi IKM dalam rangka meningkatkan efisiensi, produktivitas, nilai tambah, daya saing dan kemandirian industri.

Adapun tujuan dan manfaat program DAPATI bagi IKM adalah: 1) Untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, mutu produk, dan atau desain produk yang dapat meningkatkan daya saing; 2) Mendapatkan bantuan tenaga ahli/konsultan teknologi industri untuk menyelesaikan masalah dan memenuhi kebutuhan IKM; 3) Meningkatkan pengetahuan dan wawasan di bidang teknis produksi, mesin peralatan, lingkungan dan manajemen untuk pengembangan teknologi industri.

Program DAPATI diperuntukkan bagi industri kecil dan menengah yang memiliki legalitas berusaha di sektor industri, dan mampu membiayai cost sharing minimal sebesar 25% dari biaya konsultansi. Bentuk bantuan dalam program DAPATI ini adalah bantuan sebagian pendanaan yang diperlukan untuk pelayanan jasa konsultansi teknologi dan pendampingan tenaga ahli dari Balai Besar dan Balai Standardisasi  dan Pelayanan Jasa Industri di lingkungan BSKJI.

Ruang lingkup jasa konsultansi teknologi industri yang dapat diberikan oleh Balai melalui program DAPATI ini meliputi :

l  Perbaikan teknologi proses produksi dalam rangka peningkatan produktifitas dan efisiensi;

l  Perbaikan lay-out mesin/peralatan produksi dalam rangka peningkatan efisiensi produksi;

l  Pengembangan produk baru, perbaikan mutu produk dan kendala sesuai dengan standar yang ditetapkan;

l  Penerapan dan perbaikan teknologi pencegahan, pencemaran dan teknologi daur ulang;

l  Penerapan dan perbaikan sistem pengendali mutu

Tentunya kebutuhan konsultansi teknologi industri tiap IKM akan berbeda disesuaikan dengan permasalahan dan kebutuhan prioritas yang diperlukan.

Permasalahan yang dihadapi IKM antara lain karena masih terbatasnya pemanfaatan pengetahuan soal desain produk, kualitas mutu produk, teknologi proses bahan baku yang lebih efisien disamping itu masih banyak dunia usaha yang sangat bergantung pada teknologi dari luar negeri, atau teknologi perusahaan induknya, dan masih terbatasnya akses terhadap sumber-sumber informasi, teknologi, pelayanan pemasaran online, kompetensi tenaga kerja dan adanya keengganan IKM untuk menggunakan tenaga ahli dari luar perusahaan, karena alasan biaya serta budaya yang masih melekat serta pola pikir yang masih perlu ditingkatkan dalam proses produksi.

Salah satu faktor penunjang perpanjangan mata rantai produksi serta peningkatan nilai tambah produktivitas dan daya saing industri adalah peningkatan mutu/proses dan diversifikasi produk/proses melalui pendampingan konsultansi.

Nuning Nugrahani Kepala Balai Informasi Standar Instrumen Pertanian menyampaikan bahwa tusi opti ini merupakan hal baru bagi unitnya yang perlu adaptif dengan kebutuhan industri, dan dampaknya harus mempunyai nilai tambah dan manfaat bagi industri.

Kegiatan studi banding diakhiri dengan menjelaskan lebih lanjut prosedur dan mekanisme layanan opti ini sesuai dengan standar layanan yang telah ditetapkan oleh BBSPJIKMN sebagai bahan wacana bagi tim BISIP