Berita

Begini Jurus Kemenperin Tingkatkan Performa Industri Keramik Nasional

Balai Besar Keramik
27 Jan 2022 16:57:42

Penulis : Administrator

Sumber : voi.id

JAKARTA - Industri keramik di Indonesia belum pulih sepenuhnya. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) terus berupaya meningkatkan daya saing industri keramik nasional yang dinilai prospektif menyusul pertumbuhan properti dan perumahan.

Kepala BSKJI Andi Rizaldi mengatakan, dalam menghadapi peluang dan tantangan industri keramik dan mineral nonlogam, pihaknya mendorong unit pelaksana teknis (UPT) di lingkungan BSKJI agar bertahap menuju Badan Layanan Umum (BLU), dengan meningkatkan kualitas pelayanan ke industri dan melakukan perluasan lingkup layanan.

Dalam hal ini, perannya dilaksanakan oleh Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Keramik dan Mineral Non Logam (BBSPJIKMN).

"BBSPJIKMN memiliki peranan penting dalam memastikan komoditi keramik dan mineral nonlogam yang dihasilkan oleh industri dalam negeri memenuhi standar mutu yang berlaku," kata Andi dalam keterangan tertulisnya yang diterima VOI, Kamis, 7 Desember.

Andi mengatakan, industri tersebut perlu didorong. Sebab, industri keramik beserta sektor terkaitnya, seperti produsen ubin, saniter, tableware, kaca, refraktori, serta produk mineral nonlogam lainnya telah memberikan kontribusi signifikan dalam mendongkrak perekonomian nasional.

"Apalagi, perkembangan investasi industri keramik di Indonesia terus tumbuh sehingga memacu dari sisi kapasitas, perolehan devisa, maupun penyerapan tenaga kerja," ujarnya.

Oleh karena itu BBSPJIKMN melaksanakan Konsinyering Evaluasi Layanan di Garut, Jawa Barat, pada 4-6 Desember 2023.

Kepala BBSPJIKMN Azhar Fitri menyebut, kegiatan konsinyering bertujuan untuk meninjau kembali layanan yang telah disediakan serta mengevaluasi dan memastikan layanan tersebut sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Selain memberikan ruang diskusi bagi industri dan sebagai penyedia jasa layanan, kami akan terus meningkatkan kualitas pelayanan berkelanjutan, dan dapat menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai pihak," tuturnya.

Pada 2023 ini, BBSPJIKMN sendiri telah memberikan pelayanan jasa kepada lebih dari 485 mitra, baik dari kalangan industri kecil dan menengah, industri besar, dunia pendidikan dan instansi pemerintah.

"Sementara itu, yang sudah kami lakukan di antaranya kegiatan pelayanan jasa teknis industri berupa layanan jasa sertifikasi, pengujian, kalibrasi, bimbingan teknis, optimalisasi pemanfaatan teknologi industri, konsultansi, serta rancang bangun dan perekayasaan industri," ungkapnya.

Lebih lanjut, Azhar mengatakan, pihaknya berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dengan berfokus pada kompetensi sumber daya manusia maupun memperluas jangkauan layanan dan menambah jenis layanan yang dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan industri keramik nasional.

"Dengan semakin bertambahnya jangkauan layanan, diharapkan BBSPJIKMN dapat bersinergi dengan berbagai stakeholder dalam rangka peningkatan daya saing industri keramik nasional," imbuhnya.

Adapun berdasarkan laporan dari Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI), produksi keramik di Indonesia pada 2023 diproyeksi sebesar 551 juta meter persegi dan akan ditingkatkan menjadi 625 juta meter persegi pada 2024.

Sementara, tingkat utilisasi saat ini sudah mencapai 78 persen dan akan ditingkatkan menjadi 82 persen pada 2024.