MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

Standar Layanan Sertifikasi Industri Hijau

1. PERSYARATAN

  1. Permohonan Sertifikasi Industri Hijau kepada Kepala BBK (LSIH-BBK) melalui Petugas Layanan dengan melengkapi persyaratan dokumen yang telah ditentukan (Lampiran 1).
  2. Telah menerapkan standar industri hijau.

 

2. MEKANISME DAN PROSEDUR

A. Mekanisme

Mekanisme Proses Sertifikasi industri hijau meliputi:

a) Permohonan Sertifikasi;

b) Tinjauan PermohonanSertifikasi;

c) Audit Tahap I

d) Audit Tahap 2

e) Verifikasi terhadap Hasil Tindakan perbaikan

f) Evaluasi

g) Penerbitan Sertifikat

h) Pemeliharaan Sertifikasi

i) Resertifikasi

 

Acuan Normatif:

  1. SNI ISO/IEC 17065, Penilaian kesesuaian – Persyaratan lembaga penyelenggara audit dan sertifikasi produk
  2. IAF MD-2 (IAF Mandatory Document for the Trasfer of Accredit Certification of Management System)
  3. IAF MD-3 (IAF Mandatory Document for Advanced Surveillence and Recertification Procedures)
  4. IAF MD-4 (IAF Mandatory Document for the use of Computer Assisted Audititing Techniques for Accredited Certification of Management Systems)
  5. IAF MD-5:2015 (IAF Mandatory Document for Duration of  QMS and EMS Audits)
  6. Undang Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, perlu menetapkan Permenperin tentang Lembaga Sertifikasi Industri Hijau
  7. SIH 23929.1:2015 (SIH Industri Ubin Keramik)
  8. SIH 23111.1:2016 (SIH Industri Kaca Lembaran)
  9. SIH 23123.1:2016 (SIH Industri Kaca Pengaman Berlapis)
  10. Standar Nasional Indonesia dan Regulasi Teknis terkait

 

B. Prosedur Jasa Sertifikasi Produk:

SOP Jasa Sertifikasi Industri Hijau

 

3. WAKTU

Layanan jasa sertifikasi industr hijau : 41 hari kerja, yang masuk dalam kewenangan LSIH BBK, tidak termasuk penutupan status ketidaksesuaian hasil audit lapangan.

 

4. BIAYA / TARIF

Struktur biaya pelayanan sertifikasi Industri Hijau- BBK meliputi biaya-biaya sebagi berikut:

  1. Biaya Permohonan
  2. Pemeriksaan/tinjauan permohonan
  3. Audit Tahap I (Pra-assesmen)
  4. Audit Tahap II
  5. Biaya Proses Sertifikasi atau Sertifikasi Ulang
  6. Biaya Survailen

(Rincian terdapat pada Lampiran 2)

 

5. PRODUK PELAYANAN

Ruang lingkup sertifikasi produk:

  1. Industri Kaca dan Keramik (17)
  2. Bahan Konstruksi dan Bangunan (13)

 

6. SARANA / PRASARANA / FASILITAS

  1. Ruang Petugas Layanan untuk Penerima Tamu/Pelanggan
  2. Ruang Penyimpanan Dokumen
  3. Ruang Operasional
  4. Ruang Rapat
  5. Komputer dan Printer  
  6. Informasi Pelayanan melalui Media Booklet, Web BBK, Komputer Promosi Tauch Screen, Telepon/Fax/E-mail.
  7. Sistem Informasi Sertifikasi

 

7. JAMINAN PELAYANAN

  • Lembaga Sertifikasi Industri Hijau Balai Besar Keramik telah ditunjuk oleh Menteri Perindustrian melalui Permenperin No. 41/M-IND/PER/12/2017 18 Desember 2017.
  • Maklumat Pelayanan BBK
  • Kompensasi untuk pelanggan apabila pelayanan tidak sesuai dengan SPM.

 

13. JAMINAN KEAMANAN, KESELAMATAN PELAYANAN

  1. Penerimaan tamu di Ruang Pelayanan dilengkapi CCTV untuk semua layanan
  2. Penyediaan tabung pemadam kebakaran di ruang layanan dan laboratorium pengujian
  3. Asuransi petugas dalam pelaksanaan tugas di lapangan (Dalam dan Luar Negeri)
  4. Sertifikat SPPT SNI harus diambil oleh pemilik perusahaan / Surat Kuasa
  5. Petugas keamanan 24 jam

 

14. EVALUASI KINERJA

  1. Evaluasi Hasil Survei Kepuasan Pelanggan (Prosedur Mutu BBK ISO 9001:2015 : Pro-PJT-18)
  2. Panduan Mutu LSIH-BBK
  3. Monitoring Kinerja LSIH