MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

BAHAN BANGUNAN MURAH BERBASIS SEMEN DAN BERBASIS LEMPUNG

back

Abstrak :

Bahan bangunan keramik dapat digolongkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu bahan bangunan berbasis semen, bahan bangunan berbasis lempung dan bahan bangunan berbasis kaca.

Bahan bangunan murah dapat dibuat dengan menggunakan tailing tambang batubara dari Bukit Asam Sumatera Selatan dan Kalimantan serta fly ash yang berasal dari Unit PLTU. Tailing tambang batubara dapat digunakan untuk bahan bangunan berbasis lempung seperti bata merah pejal dan bata merah berlubang, sedangkan fly ash dapat digunakan untuk bahan bangunan berbasis betaon seperti conblock, genteng beton dan lain-lain.

Penggunaan tailing maupun fly ash menghasilkan bahan bangunan dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan bahan bangunan yang umum dibuat oleh industri . Selain itu penggunaan tailing dan fly ash juga merupakan salah satu upaya untuk memecahkan masalah limbah dan masalah lingkungan.

Link Download : Form Permintaan ITKG