MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

HAK ATAS MEREK DAN DESAIN INDUSTRI SEBAGAI PERANGKAT BISNIS

back

Abstrak :

Merek dan desain industri telah biasa digunakan dalam dunia perdagangan untuk menunjukkan suatu produk, namun demikian masih sedikit industri yang memahami manfaat penggunaan merek dan desain industri tersebut. Merek dan desain industri sebagai bentuk produk perlindungan Ha katas Kekayaan Intelektual (HAKI) dapat menjadi alat yang dapat dipergunakan untuk mendominasi pasar karena bersifat eksklusif, diberikan hanya bagi si inventor.

Para inventor di industri keramik belum banyak yang memiliki wawasan dan kesadaran mengenai HAKI. Disamping itu sering kali jika tidak memiliki informasi , seseorang merasa berat untuk mengambil dan menjalankan sebuah proses bisnis. Tidak terkecuali dalam mengurus merek dan deain dari sebuah produk, belum apa-apa mungkin sudah bermalas malasan karena membayangkan sulitnya birokrasi. Untuk penerapannya ibarat jalan panjang yang berliku. , sebab untuk m endapatkan HAKI, sebuah Merek atau desaij industri harus melalui pemeriksanaan dan bukti bahwa merek atau desain industri tersebut belum dimiliki industri lain.

Berkaitan dengan hal tersebut tulisan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang perlindungan terhadap merek dan desain industri dan membantu memberikan layanan pendaftaran , pelatihan, bimbingan dan konsultasi karya-karya intelektual yaitu Merek, Desain Industri, Paten dan HAKI lainnya, melalui Klinik HKI Balai Besar Keramik.

Link Download : Form Permintaan ITKG