MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

PERAN BAHAN ADDITIVE (TAMBAHAN) DALAM SIFAT GLASIR

back

Abstrak :

Bahan additive (tambahan) dalam glasir dapat memberikan karakteristik yang sangat penting dalam pembentukan glass, karena fenomena-fenomena tersebut dapat merubah reaksi terhadap komposisi dan suhu kematangan glasir. Di samping ini sifat-sifat lainnya ; seperti viskositas, tegangan permukaan, optic dan mekanis dapat diatur sesuai dengan karakter bahan yang ditambahkan. Beberapa pembahasan pengaruh additive terhadap sifat glasir dalam substitusinya terhadap formula seger diberikan dalam artikel ini. Secara umum fungsi komponen kimia RO dan R2O bertindak sebagai pelebur yang menurunkan suhu kematangan, merubah viskositas, tegangan permukaan. R2O3 dan RO2, bertindak sebagai pembentukan jaringan gelas dan juga mengatur perubahan viskositas, tegangan permukaan dan suhu kematangan.

Peran oksida berwarna yang memiliki tipe RO, R2O3 dan lainnya dapat disesuaikan kedalam kelompok Formula Seger yang sejenis dan atau dapat ditambahkan dalam takaran bebas sesuai satuan konsentrasi yang dipilih.

Kata Kunci: Komposisi kimia (oksida), additive, glasir, karakteristik.

Link Download : Form Permintaan ITKG