MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

SIFAT-SIFAT DAN PENGGUNAAN BODI KERAMIK SELF GLAZING (Mengglasir sendiri)

back

Abstrak :

Bodi keramik self glazing (mengglasir sendiri) adalah salah satu jenis glasir yang dibuat dengan menambahkan sejumlah bahan baku untuk bodi keramik dengan bahan pelebur (flux) yang dapat menyebabkan terjadinya pembentukan lapisan tipis gelas yang melebur pada permukaan produk keramik, sehingga dengan adanya penambahan unsur-unsur pelebur tersebut, maka setelah dibakar akan terjadi fenomena mengglasir sendiri (self glazing).

Bodi keramik yang mengandung garam-garam larut air seperti MgSO4 dan CaSO4 (Na) Cl, sejumlah feldspar, Natrium Borosilikat, frit, Glasir dan sebagainya dapat memfasilitasi terjadinya self glazing. Unsur-unsur dalam bodi keramik yang membentuk leburan silikat pada pemanasan suhu tinggi adalah Mg, Ca,K,Na dan Fe. Unsur-unsur ini pada pemanasan suhu tinggi mudah mendifusi ke permukaan dan melebur membentuk leburan Silikat.

Dalam penelitian-penelitian telah menunjukkan bahwa self glaze dengan stabilitas termal yang baik dapat dikembangkan melalui kombinasi yang tepat dari bahan baku dan suhu pembakarannya. Bahan keramik dengan stabilitas termal yang baik dapat dicapai melalui konduktivitas panas yang tingi atau koefisien ekspansi termal rendah.

Bodi keramik self glazing sangat baik digunakan untuk produk keramik seperti : keramik teknik, keramik elektronik atau keramiksemikonduktor, dan alat-alat laboratorium.

Kata Kunci: Self Glazing, Pelebur

Link Download : Form Permintaan ITKG