MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

PEMAHAMAN KEPLASTISAN PADA LEMPUNG

back

Abstrak :

Keplastisan mencakup semua hubungan antara “Stress” dengan Strain yang diakibatkannya pada suatu benda dimana diperlihatkan suatu aliran plastis (plastic flow). Lempung dalam keadaan kering adalah non plastis, tetapi setelah ditambah air secukupnya akan menjadi plastis. Namun tingkat keplastisannya akan tergantung pada sejarah lempung sebelumnya. Keplastisan akan berkurang dengan adanya pengeringan tetapi akan bertambah keplastisannya dengan penambahan air atau dengan penghilangan bahan-bahan non plastis (seperti pasir dan sebagainya), juga dengan penggilingan atau pengerjaan pengerjaan lain yang dapat memperbesar komponen-komponen koloid. Secara umum factor-faktor yang mempengaruhi keplastisan diantaranya adalah :

-  Akibat air pada partikel partikel padat dan gejala koloid yang menyertainya.

-  Ukuran partikel-partikel padat.

-  Komposisi partikel partikel padat.

-  Bentuk partikelpartikel padat.

-  Agregasi partikel partikel padat.

- Luas permukaan partikel partikel padat dan tarik menarik intermolekuler serta adanya molekul molekul lainnya yang dapat mempengaruji sifat sifay butir (partikel).

Kata kunci : Partikel padat , keplastisan, koloid , lempung.

Link Download : Form Permintaan ITKG