MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

Sintesis Nano-Submikron Spinel dari prekursor hidroksida dengan metoda Polishing Liquid Milling (PLM) dan Masking Gel Calcination (MGC)

Peneliti : Suhanda, Rifki Septawendar dan Ukar Karsono

Abstrak :

Nano Submikron Spinel telah disiapkan dari prekursor alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida dengan metoda Polishing Liquid Milling dan Masking Gel Calcination.

Campuran diproses dengan penggilingan basah dalam media asam sulfat (0-10% b/b) selama 24 jam. Massa hasil giling diaduk sampai merata dengan larutan pekat sukrosa (3-20% b/b). Pengeringan atau pengarangan ditetapkan pada suhu 200 derajat celcius, dan dikalsinasi pada suhu 800-1200 derajat celcius. Untuk memperoleh serbuk spinel dengan ukuran nano-submikron dilakukan penggilingan kering selama 2 jam.

Hasil karakterisasi menunjukan bahwa mineral spinel terbentuk pada suhu > 800 derajat celcius untuk prekursor hidroksida yang dikatalis dengan asam sulfat, dan untuk tanpa katalis terbentuk secara nyata pada suhu > 1000 derajat celcius, sedangkan suhu optimal pembentukan spinel stabil diperoleh pada suhu 1200 derajat celcius. Pengaruh penambahan katalis asam dan template sukrosa dapat menurunkan suhu pembentukan dan ukuran partikel spinel. Rentang ukuran partikel yang diperoleh dari kondisi dengan asam sulfate 10% b/b, sukrosa 20% b/b pada suhu 1200 derajat celcius memberikan distribusi ukuran 0-100nm = 30%; 100-150 nm = 62%; 150-170 nm = 33%.

 

Kata Kunci : Nano-submikron, spinel, sintesis, prekursor hidroksida, polishing liquid milling, masking gel calcination.

 

Link Download : Form Permintaan JKGI